Selasa, 16 Juli 2019

Badan POM Bandar Lampung Kunjungi Wisata Kuliner Nggruput & Sidak Pasar Gadingrejo

Badan POM Bandar Lampung Kunjungi Wisata Kuliner Nggruput & Sidak Pasar Gadingrejo

GADINGREJO – Untuk kesekian kalinya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) Bandar Lampung mengunjungi Wisata Kuliner Nggruput, di komplek perkantoran Pemkab Pringsewu, Pekon Klaten, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Ahad (21/4).

Menurut Kepala Badan POM Bandar Lampung Dra.Hj.Syamsuliani, Apt., M.M., kedatangan Badan POM  di Nggruput ini, selain dalam rangka sosialisasi, adalah dalam rangka melaksananakan tugas pengawasan terhadap produk yang beredar di masyarakat, baik makanan maupun obat, termasuk di Wisata Nggruput, yang merupakan tempat favorit masyarakat Pringsewu yang ingin menikmati berbagai  makanan dan minuman tradisional di setiap hari Ahad pagi. “Sehingga diperlukan pengawasan terhadap produk yang dijual oleh para pedagang apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Terlebih, beberapa waktu lalu Badan POM sempat mendapati produk makanan yang mengandung zat berbahaya dijual di area Nggruput, kendatipun oknum pedagang tersebut bukan merupakan pedagang resmi dan tidak tidak terdaftar oleh panitia.

Syamsuliani menandaskan, pihaknya sangat mendukung berkembangnya produk-produk makanan masyarakat dan UMKM  di Kabupaten Pringsewu sebagai upaya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat  asalkan memenuhi standar keamanan dan kesehatan. “Oleh karena itulah, kita kembali melakukan kunjungan ke Wisata Nggruput ini untuk memastikan tidak ada lagi produk makanan berbahaya yang tidak memenuhi standar keamanan dan kesehatan beredar di sini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A. sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Badan POM untuk melakukan pengawasan terhadap  produk makanan yang ada di Kabupaten Pringsewu, sebagai upaya untuk menciptakan keamanan bagi konsumen, terutama para pengunjung Wisata Kuliner Nggruput.

Selain mengunjungi Wisata Nggruput, Kepala dan jajaran Badan POM Bandar Lampung didampingi Wakil Bupati Pringsewu dan kepala dinas terkait juga melakukan sidak ke Pasar Gadingrejo, guna melakukan pemeriksaan terhadap produk makanan serta obat-obatan yang beredar dan diperjualbelikan di pasar terbesar kedua di Pringsewu tersebut.

Sebelum mengunjungi Wisata Kuliner Nggruput, Wakil Bupati Pringsewu dan Kepala Badan POM Bandar Lampung beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan Badan POM Bandar Lampung juga melakukan ramah tamah di Hotel Urban Style by Front One Pringsewu, Sabtu (19/4) malam. (*/ ∆nton Hapsa®a)

Sampaikan Komentar Anda