Terbit pada: Thu, Mar 6th, 2014

Modus Bandit Sapi di Pringsewu Pura-pura Beli Sapi

Bagikan
Tags

barang-bukti-sapi-hasil-curian-di-pringsewuDikutip dari : TRIBUNLAMPUNG.CO.ID

Kanit Reskrim Polsek Sukoharjo Bripka M Sianturi mengatakan, komplotan maling sapi dan kerbau dalam menjalankan aksinya selalu menyurvei terlebih dahulu ke calon korbannya.

Caranya, pura-pura membeli sapi. Karena pekerjaan para pelaku sebagai makelar sapi, sehingga membuat warga tidak curiga.

Pengakuan pelaku, tambah Sianturi, ketiganya saat melakukan aksinya selalu berkelompok, kadang bertiga, dan kadang berdua.

Ketiganya mengaku menjalankan kejahatan itu sudah berkali-kali. Tidak hanya di wilayah hukum Polsek Sukoharjo, ternyata mereka juga beraksi di wilayah Kecamatan Pagelaran dan Pringsewu, serta wilayah Kecamatan Negeri Katon dan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran.

“Kepada polisi mereka mengaku mencuri karena memiliki tanggungan utang  bank, pengakuan mereka setiap bulannya membayar angsuran bank Rp 13 juta,” ujarnya, Jumat (28/2/2014).

Ia menambahkan, para pelaku saat menjalankan aksinya dengan modus melepas tali pengikat sapi dan menggiringnya ke tempat mobil menunggu, lalu membawa kabur. Menurut Sianturi, dalam menjalankan aksinya para pelaku tidak pernah melakukan pemotongan di tempat.

“Mereka menjualnya hidup-hidup, kemungkinan ada kelompok lain yang mencuri dengan memotong sapi di lokasi kejadian,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian Sektor Sukoharjo menggulung komplotan pencuri sapi dan kerbau yang kerap beraksi di Pringsewu, Kamis (27/2/2014) sore.

Antara lain Mardianto alias Mardi (44), warga Waringin Sari Barat, Kecamatan Sukoharjo; Kusbianto alias To (35), warga Sukoharjo III, Kecamatan Sukoharjo; dan Sulaiman alias Leman (49), warga Kecamatan Adiluwih.

Polisi melumpuhkan dua dari tiga orang pelaku dengan timah panas: Kusbianto dan Sulaiman karena berusaha kabur saat ditangkap.

Kini ketiganya meringkuk di sel tahanan Mapolsek Sukoharjo. Sementara Kusbianto dan Sulaiman dititipkan ke Mapolsek Pringsewu karena khawatir warga yang geram dengan aksi ketiganya mendatangi polsek.

Kasi Humas Sukoharjo Aiptu Heriyanto mengatakan, peristiwa penangkapan itu bermula dari laporan warga Sukoharjo IV, Warinem (60) yang kehilangan tiga kerbau pada Selasa (25/2/2014).

Kanit Reskrim Bripka M Sianturi menambahkan, atas laporan itu pihaknya melakukan penyelidikan.

“Ada masyarakat yang melihat mobil membawa tiga kerbau,” ungkap Sianturi, Jumat (28/2/2014).

Atas informasi itu, polisi pun melakukan pendalaman. Baru ditemukan bahwa mobil itu milik Mardi. Lantas polisi menangkap Mardi di rumahnya.

Ternyata, saat menjalankan aksinya, Mardi tidak sendirian. Melainkan berkelompok dengan Kusbianto dan Sulaiman. Oleh karena itu, polisi menangkap keduanya. Kedua rekan Mardi ini diciduk di lokasi berbeda.

Kapolsek Sukoharjo AKP Muji Harjono menuturkan, saat menangkap pihaknya dibantu buser Polres Tanggamus.

Ia mengatakan, Kusbianto ditangkap di Waringinsari dan Leman ditangkap di Bandung Baru, Kecamatan Adiluwih.

Leman ditangkap ketika sedang buang air kecil di rumah rekannya. Lantas ketiga orang ini dijebloskan ke sel tahanan.

Polisi mengenakan tiga pelaku dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian ternak dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

Barang bukti yang berhasil disita berupa tiga kerbau dan mobil pikap yang dipakai  mengangkut kerbau.

Selain menangkap ketiga pelaku ini, polisi juga mengamankan S (42), warga Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, sebagai penadah barang curian. Muji menambahkan, ketiga pelaku ini menjual tiga ekor kerbau tersebut dengan harga Rp 25 juta. (dik)

- Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu adalah Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Lokal Kabupaten Pringsewu. Memiliki visi untuk menjadi media informasi pembangunan Kabupaten Pringsewu yang terdepan, menuju terciptanya Kabupaten Pringsewu "BERSENYUM MANIS" - BERsih, Sehat, Ekonomis, NYaman, Unggul, Maju dan mandiri, amAN dan agamIS.

Sampaikan komentar Anda di sini..

Siaran Online

Get the Flash Player to see this player.


Jam Siar : 06.00 s.d 23.00 WIB