Senin, 16 Desember 2019

Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila

PRINGSEWU – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Pringsewu Tahun 2019 digelar di lapangan pemkab setempat, Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti aparatur sipil negara dan kepolisian, yakni Bupati Pringsewu H.Sujadi, perwira upacara kepala Satpol PP Edi S. Pamungkas, S.Sos.,dan komandan upacara anggota provost Satpol PP Parno. Sedangkan pembaca UUD 1945 adalah Kabag Tata Pemerintahan Heriyadi Indera.

Turut menghadiri upacara tersebut, Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A., Sekkab Pringsewu Drs.A.Budiman, P.M., M.M., para asisten dan staf ahli bupati, inspektur, kepala-kepala OPD, kepala instansi vertikal, Kapolsek Pringsewu Kota Komisaris Pol. Eko Nugroho, serta para camat se Kabupaten Pringsewu.

Membacakan amanat tertulis Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono, Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. “Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” katanya.

Melalui peringatan kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, menurutnya, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa, untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia. Kita Pancasila.” tutupnya.

Seusai membacakan amanat tertulis, Bupati Pringsewu juga mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama menyanyikan lagu Garuda Pancasila. (© ∆πt∅π Hapsa®a)

Sampaikan Komentar Anda