Sabtu, 22 September 2018

Pengurus Dekranasda Pringsewu Dilantik

Pengurus Dekranasda Pringsewu Dilantik

PRINGSEWU – Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pringsewu periode 2017-2022 secara resmi dilantik oleh Ketua Dekranasda setempat Ny.Hj.Nurrohmah Sujadi.

Para pengurus yang dilantik berdasarkan SK Dekranasda Provinsi Lampung No.22/Dekranasda/SK/X/2017, yakni Wakil Ketua I Ny.Hj.Rita Irviani Fauzi, Wakil Ketua ll Ny.Hj.Nurhayati Budiman, Sekretaris Ny.Wiwin Widaningsih Malian, Wakil Sekretaris Ny.Sulistioningsih, Bendahara Ny.Siska Handayani, dan Wakil Bendahara Ny.Suprihatin.

Organisasi juga dilengkapi dengan sejumlah bidang-bidang, yaitu Bidang Daya Saing Produk, dengan ketua adalah Kadis PMPTSP Kabupaten Pringsewu, beranggotakan Ny.Ros Zuhairi, Ny.Saniati Zulkifli, dan Ny.Rosdiana Nazri. Bidang Pameran dan Kerjasama Luar Negeri dengan ketua adalah Kadisdikbud Kabupaten Pringsewu, beranggotakan Ny.Sri Prihatin Heri Iswahyudi dan Ny.Tira P. Sangjaya. Bidang Manajemen Usaha dengan ketua adalah Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu, beranggotakan Untung Budiono, Ny.Erna Syamsir dan Ny.Sunarti. Bidang Humas dan Publikasi dengan ketua adalah Kadis Kominfo Kabupaten Pringsewu, beranggotakan H.Ibnu Harjianto dan Rustadi Wijaya. Bidang Pendanaan dengan ketua adalah Kepala BPKAD Kabupaten Pringsewu, beranggotakan Ny.Relina Masykur dan Ny.Maryati Hasnurahim. Serta Bidang Kreatif dengan ketua adalah Kadispora dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu, beranggotakan Syafei, Ny.Yus Dawam, dan Ny.Ema.

Kemudian sebagai pembina Dekranasda Kabupaten Pringsewu adalah Bupati Pringsewu dan Wakil Bupati Pringsewu, serta Penasehat Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu.
Sedangkan Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Pringsewu dijabat oleh Kadis Koperindag dan UKM Kabupaten Pringsewu.

Acara pelantikan yang dihadiri oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi, Sekretaris Daerah Budiman beserta para asisten dan staf ahli bupati, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung yang diwakili Sekretaris Dekranasda Provinsi Lampung Ny.Hj.Ellya Muchtar, para kepala OPD, para camat, serta para pelaku usaha kerajinan dan handycraft Kabupaten Pringsewu digelar di aula utama kantor sekretariat Pemkab Pringsewu, Kamis (30/8).

Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Ny.Hj.Nurrohmah Sujadi dalam sambutannya mengharapkan dukungan semua pihak atas keberadaan Dekranasda Kabupaten Pringsewu, sekaligus mengajak seluruh pengurus untuk dapat bersama-sama meningkatkan daya saing produk-produk kerajinan dari Kabupaten Pringsewu naik di tingkat regional maupun nasional dan bahkan internasional, dengan meningkatkan kemampuan anggota pengrajin di bidang produksi melalui pembinaan kewirausahaan, teknik produksi, peningkatan mutu dan desain produk, melaksanakan kemitraan dengan berbagai pihak dalam usaha untuk meningkatkan mutu produk, serta menyusun dan menetapkan standar kualitas produk.

Dikatakannya, Kabupaten Pringsewu memiliki sejumlah produk-produk unggulan yang sudah cukup dikenal, diantaranya produk kerajinan kain tapis, batik khas Pringsewu, kerajinan manik-manik yang pemasarannya bahkan sudah cukup luas hingga keluar daerah.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ny.Hj.Yustin Ficardo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Dekranasda Provinsi Lampung Ny.Hj.Ellya Muchtar
menyambut baik atas pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Pringsewu ini.

Dekranasda merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah.

Ia berharap Dekranasda Kabupaten Pringsewu akan mampu menciptakan wirausaha baru, serta dapat meningkatkan kualitas serta kesejahteraan para pengrajin di Kabupaten Pringsewu.

Bupati Pringsewu yang sekaligus sebagai pembina Dekranasda Kabupaten Pringsewu H.Sujadi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Pringsewu yang dilantik, sekaligus berharap dapat menjalankan tugas organisasi dengan baik.

Menurutnya keberadaan Dekranasda menjadi sangat penting sebagai wadah untuk mengembangkan dan mempromosikan serta memasarkan produk kerajinan, khususnya dari Kabupaten Pringsewu.

Selain prosesi pelantikan pengurus, pada kesempatan tersebut juga dilakukan prosesi potong tumpeng oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu dalam rangka HUT ke-38 Dekranasda Kabupaten Pringsewu.

Serta diserahkan pula bantuan dan santunan dari Dekranasda Kabupaten Pringsewu kepada 100 kaum dhuafa, serta pergelaran fashion show dengan menampilkan produk-produk busana beserta aksesoris hasil produksi Kabupaten Pringsewu. (© LPP Lokal – Rapemda Pringsewu 107.2 FM ~ Anton Hapsara)

Sampaikan Komentar Anda