Senin, 17 Desember 2018

PESERTA lNTERNATIONAL TRAINING PROGRAM DARI LAOS, KAMBOJA, AFGHANISTAN & TAJIKISTAN LAKSANAKAN TCTP DI PRINGSEWU

PESERTA LNTERNATIONAL TRAINING PROGRAM DARI LAOS, KAMBOJA, AFGHANISTAN & TAJIKISTAN LAKSANAKAN TCTP DI PRINGSEWU

PRINGSEWU – Keberhasilan Kabupaten Pringsewu dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, mengundang perhatian sejumlah pihak dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk datang dan mempelajari berbagai aspek kehidupan di Bumi Jejama Secancanan.

Bahkan, kali ini Pringsewu juga dikunjungi oleh para peserta Third Country Training Program (TCTP) Pelatihan Buku KIA / lnternational Training Program, dari sejumlah provinsi dan negara. Mereka datang ke Pringsewu dibawah organisasi Japan International Cooperation Agency (JICA), sebuah Badan Kerjasama Internasional Jepang, yakni sebuah lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Jepang guna membantu pembangunan negara-negara berkembang, bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Sekretariat Negara, serta Pemerintah Provinsi Lampung.

Para peserta TCTP Pelatihan Buku KIA / ITP yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara dan Jawa Timur, serta dari negara-negara Laos, Kamboja, Afganistan dan Tajikistan, didampingi pihak  JICA Jepang, serta jajaran Kemenkes RI dan Setneg RI, disambut dan diterima oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dan Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi didampingi Ketua TP-PKK Ny.Hj.Nurrohmah Sujadi dan Wakil Ketua Ny.Hj.Rita Fauzi beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu dengan prosesi pengalungan selendang tapis oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Pringsewu, di Hotel UrbanStyle Pringsewu, Senin (29/10/18) petang.

Mereka adalah Ms.Khantong Keomoungkhon, Mr.Khammany Phommachanch dan Mr.Xaisomphone Mouksavanh, kesemuanya dari Laos, kemudian Ms.Zelaikha Anwari, Mr.Jamal Abdul Nasir Jamal Watanyar, Mr.Mohammad Hamayoun Ludin, Mr.Sayed Ali Aqa Ayoub Nasseri dan Ms.Fahima Sadat, kesemuanya dari Afghanistan, selanjutnya Mr.Chamnan Nhek, Ms.Ngim Heng, dan Ms.Pheach You, kesemuanya dari Kamboja, kemudian Ms.Dilnoza Rakhmatulloeva dari Tajikistan.

Selain itu, juga dari Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Jawa Timur, dan beberapa observer, yakni Mr.Khaksar Yousufi dan Mr.Ahmad Mudassir Rasuli dari Afghanistan. Kemudian observer dari Kamboja, Ms.Masako Yoko dan Ms.Sopheasavetey Ros, serta observer dari Tajikistan yakni Mr.Shokirjon Mahmadov.

Selain para peserta pelatihan dan observer, juga dari pihak Japan International Cooperation Agency, yaitu Senior Advisor on Health JICA, Mrs.Keiko Osaki, dan Senior Representatif JICA Indonesia Mr.Shunsuke Takatoi. Serta para pendamping dari Kementerian Kesehatan RI, yakni Direktur Kesehatan Keluarga dr.Eni Gustina, M.P.H., Kasubdit Kesehatan Balita dan Anak Prasekolah dr.Ni Made Diah, M.K.M., serta Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr.Kirana Pritasari, M.Q.l.H. Serta dari Kementerian Sekretariat Negara, Kepala Bagian Kerjasama Teknik Multilateral dan Organisasi Internasional Non Pemerintah, Biro Kerjasama dan Teknik Luar Negeri, M.Fahrurozi.

Selama berada di Pringsewu, para peserta pelatihan JICA ini akan mengunjungi sejumlah lokasi diantaranya Puskesmas Pringsewu, Posyandu Mawar l Fajaragung, dan RS Mitra Husada Pringsewu, serta field trip ke Puskesmas Margoyoso dan Posyandu Anggrek l Wonoharjo di Sumberejo (Tanggamus).

Para peserta juga akan mendapatkan pemaparan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dalam rangka lmplementasi Buku KIA di Kabupaten Pringsewu, sekaligus melakukan diskusi kelas hasil kunjungan.

Juga sejumlah agenda lainnya yang akan dilaksanakan selama berada di Pringsewu, dari 28 Oktober hingga 2 November 2018, yaitu diskusi grup dan presentasi, dan lainnya. Termasuk, mengunjungi destinasi wisata yang ada di Pringsewu, yakni ke Taman Wisata Alam Talang Indah, Pajaresuk, sekaligus acara ramah tamah dengan Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Selama berlangsungnya kegiatan di Pringsewu, di sela-sela kegiatan, para peserta IPT-TCTP juga dihibur dengan sejumlah pergelaran seni dan budaya daerah Lampung-Pringsewu.

Sampaikan Komentar Anda