Senin, 17 Desember 2018

PPTK & Bendahara ikuti Bimtek SAP Berbasis Akrual

PPTK & Bendahara Ikuti Bimtek SAP Berbasis Akrual

PRINGSEWU – Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari PPTK, bendahara dan bendahara pembantu di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu mengikuti bimbingan teknis penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, dibuka oleh BuupatiPringsewu H.Sujadi yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu Ir.H.Achmad Alwi Siregar di Urbanstyle by Frontone Hotel, Pringsewu, Jumat (30/11), menghadirkan narasumber Mustofa Kamal, S.E. dari LK2PI Lampung.

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu Ir.H.Achmad Alwi Siregar mengatakan pentingnya Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual ini dalam rangka meningkatkan kualitas pertanggungjawaban kinerja pemerintah.

Bahkan, Undang-undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara mengamanatkan instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual tersebut.

Terkait SAP Berbasis Akrual tersebut, kata dia, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No.71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No.64/2013, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pertanggungjawaban kinerja pemerintah.

Termasuk Pemkab Pringsewu sendiri yang juga telah mengeluarkan Peraturan Bupati No.34 /2014 tentang Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, dan Peraturan Bupati No.35/2014 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah.

(© LPPL Radio Rapemda Pringsewu 107.2 FM / Anton Hapsara)

Sampaikan Komentar Anda