Senin, 17 Desember 2018

PULUHAN KEPALA PEKON DI PRINGSEWU DILANTIK SERENTAK

PULUHAN KEPALA PEKON DI PRINGSEWU DILANTIK SERENTAK

PRINGSEWU – Bupati Pringsewu Hi.Sujadi melantik secara serentak belasan kepala pekon (kepala desa) dari Kecamatan Pardasuka, Ambarawa dan Gadingrejo. Para kepala pekon terpilih ini merupakan hasil pemilihan kepala pekon serentak se Kabupaten Pringsewu beberapa waktu lalu.

Acara prosesi pelantikan berlangsung di GSG Kecamatan Pardasuka, Senin (26/11).

Para kepala pekon yang dilantik, masing masing-masing Jevi Hardi (Kapekon Pardasuka), Wildan (Kapekon Tanjung Rusia), Nursalim (Kapekon Wargomulyo), Subali (Kapekon Sukorejo), Syafrizal (Kapekon Pardasuka Selatan), Mukhlis Sulistyo (Kapekon Pujodadi), kesemuanya di Kecamatan Pardasuka.

Selanjutnya Muhadi (Kapekon Parerejo), Ngadik (Kapekon Klaten), Darmawan (Kapekon Tulungagung), kesemuanya di Kecamatan Gadingrejo.

Kemudian, Al-Huda (Kapekon Ambarawa), Agus Wahyono (Kapekon Sumberagung), Didi Handoko (Kapekon Margodadi), serta Rokhmat (Kapekon Ambarawa Timur), kesemuanya di Kecamatan Ambarawa.

Acara pelantikan dihadiri para pejabat dan jajaran pemerintah kabupaten, ketua TP-PKK Hj.Nurrohmah Sujadi, DPRD, muspida, para camat dan kepala pekon, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat beserta tokoh pemuda.

Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dalam sambutannya berpesan kepada para kepala pekon yang dilantik agar selalu memegang sumpah jabatan yang telah diucapkan.

Selain itu, kepala pekon juga harus berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga pekon, BHP, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tokoh adat, disamping harus mampu menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat pekon secara keseluruhan. Sebab keberhasilan maupun kegagalan penyelenggaraan pemerintahan pekon, pertama-tama yang akan dinilai adalah pelayanan kepada masyarakat.
“Pelajari dengan baik dan seksama berbagai peraturan dan undang-undang mengenai pemerintahan, termasuk Undang-undang Tentang Desa, serta peraturan lainnya yang berkaitan dengan tugas sebagai kepala desa atau kepala pusat. Selain itu, kepala pekon juga harus hati-hati dalam penggunaan dana desa. Pemkab Pringsewu akan senantiasa membantu, membimbing, serta membina, mengingat baik dan buruk serta maju dan tidaknya Kabupaten Pringsewu akan sangat tergantung dari jenjang pemerintahan di bawahnya yakni kecamatan dan pekon,” katanya.

Sementara itu, pada sore harinya, sejumlah kepala pekon di Kecamatan Pagelaran dan Pagelaran Utara juga dilantik oleh Bupati Pringsewu di GSG Kecamatan Pagelaran.

Para kepala pekon tersebut, yakni Kasiman (Kapekon Gemahripah), Sarjono (Kapekon Lugusari), Sudiono (Kapekon Patoman), Agus Tari (Kapekon Panutan), Rasimin (Kapekon Pujiharjo), Darmanto (Kapekon Padangrejo), Supriyono (Kapekon Karangsari), Rahmawati (Kapekon Tanjungdalom), Firmansyah (Kapekon Candiretno), kesemuanya di Kecamatan Pagelaran. Selanjutnya Rokyat Robani (Kapekon Giritunggal), Suparman (Kapekon Way Kunyir), serta Toyim Yusuf (Kapekon Gunungraya), kesemuanya di Kecamatan Pagelaran Utara. (*)

15 KAPEKON DI SUKOHARJO, ADILUWIH DAN BANYUMAS JUGA DILANTIK 

SUKOHARJO – Bupati Pringsewu Sujadi kembali melantik para kepala pekon yang terpilih pada Pemilihan Kepala Pekon Serentak beberapa waktu lalu.

Kali ini, ada 15 kapekon dari Kecamatan Sukoharjo, Adiluwih dan Banyumas yang dilantik secara serentak di GSG Kecamatan Sukoharjo, Selasa (27/11).
Terdiri, Kecamatan Sukoharjo, Sigit Puji Astowo (Kapekon Sukoharjo ll), Eko Paryoto (Kapekon Pandansari), Haerudin (Kapekon Pandansurat), Maryono (Kapekon Siliwangi), Totong (Kapekon Sinarbaru Timur), Sumardiyah (Kapekon Panggungrejo Utara), Gunarto (Sukoharjo lll).
Kemudian, Kecamatan Banyumas, Edi Sunaryo (Kapekon Banyuurip) dan Solikin (Kapekon Mulyorejo).
Selanjutnya, Kecamatan Adiluwih, Bace S. (Kapekon Kutawaringin), Samad (Kapekon Totokarto), Rohidin (Kapekon Bandung Baru Barat), Ridwan (Kapekon Sukoharum), Heru Effendy (Kapekon Tunggulpawenang), serta Adek (Kapekon Srikaton).
Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutan sekaligus arahannya meminta para kepala pekon yang baru dilantik untuk senantiasa memegang sumpah jabatan yang telah diucapkan, serta selalu berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga pekon.
Disamping itu, kapekon harus mampu menjadi pelayan yang baik bagi seluruh warganya.
Bupati Pringsewu juga meminta kapekon mempelajari berbagai peraturan dan undang-undang mengenai pemerintahan, khususnya desa, guna menunjang  tugas-tugas sebagai kepala pekon.

(© LPPL Radio Rapemda Pringsewu 107.2 FM / Anton Hapsara)

Sampaikan Komentar Anda