Selasa, 26 Maret 2019

SPALD-T di 5 Kecamatan di Pringsewu Diresmikan

SPALD-T Di 5 Kecamatan Di Pringsewu Diresmikan

 

PRINGSEWU – Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) di lima kecamatan di Pringsewu diresmikan oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi di Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kamis (21/2).

SPALD-T ini masing-masing berada di Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Pekon Pardasuka, Kecamatan Pardasuka, Pekon Purwodadi, Kecamatan Adiluwih, Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, dan di Pekon Banyumas, Kecamatan Banyumas.

Turut hadir di peresmian yang ditandai dengan prosesi pengguntingan pita, penandatanganan prasasti, pelepasan balon dan pemotongan tumpeng, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pringsewu Jhondrawadi, S.E., M.M., Kadis PU Andi Purwanto, S.T., para camat dan kepala pekon lokasi SPALD-T, serta KKM penerima manfaat dan pendamping kegiatan DAK Sanitasi.

Bupati Pringsewu H.Sujadi seusai meresmikan kelima SPALD-T yang merupakan kegiatan DAK Sanitasi tahun anggaran 2018, mengatakan ruang lingkup program DAK Sanitasi diprioritaskan pada penyediaan sarana sanitasi masyarakat, diantaranya SPALD-T atau IPAL Komunal bersistem perpipaan, dimana untuk setiap lokasi terlayani minimal 50 kk dengan rancangan kapasitas 200 kk. “Saya berharap SPALD-T ini mampu mengurangi masalah sanitasi sekaligus dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pringsewu. Untuk itu, peran aktif masyarakat untuk keberlanjutan program yakni masyarakat penerima manfaat dan kelompok pemanfaat dan pemelihara dalam upaya pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur tersebut, serta kreativitas dan inovasi masyarakat sangat diharapkan, demi tercapainya desa mandiri,” harap bupati.
(© Subbag. Pub.& Dok. / Humas Pemkab Pringsewu / Isnanto Hapsara)

 

 

 

 

 

 

Sampaikan Komentar Anda