Rabu, 20 Februari 2019

WABUP PRINGSEWU HADIRI PENYERAHAN DIPA PROVINSI LAMPUNG 2019

B. LAMPUNG – Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. menghadiri acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 kepada 15 pemerintah kabupaten dan kota se Provinsi Lampung.

Penyerahan DIPA 2019 dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo di Balai Keratun Pemprov Lampung, Telukbetung, Senin (17/12/18), kepada para bupati dan walikota se Provinsi Lampung, termasuk Bupati Pringsewu Hi.Sujadi yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A.

DIPA merupakan dokumen pelaksanaan anggaran yang berfungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran, setelah mendapat pengesahan Menteri Keuangan.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. mengatakan penyerahan DlPA kepada setiap pemerintah daerah merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting, sekaligus berharap pelaksanaan kegiatan tahun 2019 nanti dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan semua.

© Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu / Anton Hapsara)

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, LANGKAH PENGAMANAN DILAKUKAN SECARA TERPADU

PRINGSEWU – Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, Pemerintah Kabupaten Pringsewu akan melakukan langkah pengamanan secara terpadu.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Kesbangpol Pringsewu Sukarman saat rakor bulanan jajaran Pemkab Pringsewu di aula utama kantor sekretariat daerah setempat, Senin (17/12).

Pam Natal dan Tahun Baru, kata Sukarman, akan melibatkan TNI, Polisi, Pol.PP, Kesbangpol dan ormas. Kegiatan Tahun Baru di Kabupaten Pringsewu akan dibagi menjadi beberapa titik lokasi, diantaranya di komplek Pendopo Pringsewu, Rest Area Km 37 Wates, serta di Taman Wisata Talang Indah, dengan penanggungjawab masing-masing yakni komplek Pendopo di bawah koordinasi Disdikbud, komplek Rest Area Km 37 dikoordinir oleh Kantor Kesbangpol, serta Taman Wisata Talang Indah oleh Dispora dan Pariwisata Pringsewu.

Sedangkan untuk kegiatan doa bersama akan dilaksanakan di setiap kecamatan.

Bupati Pringsewu H.Sujadi didampingi Wakil Bupati Dr.H.Fauzi dan Sekretaris Daerah Drs.A.Budiman PM serta Asisten lll H.Achmad Alwi Siregar, pada kesempatan tersebut meminta beberapa titik lokasi baik perayaan Natal dan Tahun Baru agar dipersiapkan secara matang dan sebaik mungkin, baik keamanan maupun ketenangan dan kenyamanannya.

Sujadi juga meminta Satpol PP berkoordinasi dengan pihak terkait melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah titik. Namun demikian, agar rencana sidak tidak bocor terlebih dahulu.

Terkait pelibatan ormas, bupati mengatakan jika memang sangat membantu, tentunya tidak masalah, namun jika malah berpotensi menimbulkan kebocoran rencana operasi, agar dapat dievaluasi. (© Anton Hapsara)

 

WABUP PRINGSEWU RESMIKAN KAFE SERAMBI MEKKAH & KOMUNITAS MOTOR TUA

PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. menghadiri acara peresmian dan pembukaan kafe bistro Serambi Mekkah di Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Ahad (16/12/18).

Acara ditandai dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Pringsewu.

Turut menghadiri acara tersebut, Wakil Ketua TP-PKK Pringsewu Ny.Hj.Rita lrviani Fauzi, S.E., M.M., Kadis Pariwisata Drs.H.Syamsir, Camat Pringsewu Drs.Nang A. Hasan, serta pihak manajemen Serambi Mekkah.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam sambutannya sangat mendukung atas dibukanya Kafe Serambi Mekkah, Pringsewu.

Dengan hadirnya kafe tersebut, diharapkan dapat menggerakkan serta menggeliatkan perekonomian Kabupaten Pringsewu serta menambah alternatif bagi masyarakat Pringsewu dan sekitarnya untuk kongkow-kongkow sekaligus menikmati berbagai menu hidangan yang disajikan.

Sebelumnya, Wabup Pringsewu juga meresmikan Komunitas Motor Besi Tua Pringsewu, serta mengikuti touring keliling ibukota Kabupaten Pringsewu. Komunitas Motor Besi Tua merupakan organisasi atau komunitas para pecinta dan penggemar sepeda motor antik atau tua. (© LPPL Radio Rapemda Kab. Pringsewu / Anton Hapsara)

 

WABUP PRINGSEWU TUTUP TURNAMEN BOLA VOLI KARANG TARUNA REJOSARI

PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. menutup turnamen bola voli Karang Taruna Tunas Mandiri di Dusun Podorejo, Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu, Sabtu (15/11).

Acara penutupan turnamen ini juga dihadiri Kadisporapar Pringsewu Drs.Hi.Syamsir Kasim dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Pringsewu Herizon, serta tokoh masyarakat setempat.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Karang Taruna Tunas Mandiri Rejosari beserta seluruh panitia dan masyarakat Pekon Rejosari, atas penyelenggaraan turnamen tersebut, sekaligus berharap melalui turnamen ini bisa menjadi sarana untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, juga menjadi ajang silaturahmi antarwarga, disamping dapat menjaring bibit potensi di bidang olahraga bola voli di Kabupaten Pringsewu. (© Lembaga Penyiaran Publik Lokal – Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu / Anton Hapsara)

PEMKAB & MASYARAKAT GELAR AKSI GOTONG ROYONG DAN MENANAM POHON DI MATARAM

GADINGREJO – Aksi penanaman pohon nangka dan gotong royong digelar di lapangan SMPN 3 Gading Rejo, Mataram, Pringsewu, Jumat (14/12).

Bupati Pringsewu yang diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs.Heri Iswahyudi bersama jajaran muspida dan sejumlah kepala OPD juga menyerahkan bantuan bibit pohon nangka kepada sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, serta melakukan penanaman pohon nangka di beberapa titik lapangan, seusai apel dan senam pagi bersama masyarakat dan para pelajar di pekon setempat. Diantaranya Inspektur Dr.dr.Hj.Endang Budiarti, Kadis PMP Malian Ayub, Kadis Kominfo Kuddus Heriyanto, Camat Gading Rejo dan Kapekon Mataram serta kepala UPT Disdikbud se Kabupaten Pringsewu.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Drs.H.Heri Iswahyudi, M.Ag. membacakan sambutan tertulis Bupati Pringsewu Hi.Sujadi mengatakan aksi menanam pohon nangka ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap bumi dimana kita tinggal. Sekaligus sebagai langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon guna memulihkan kerusakan lingkungan.

Dipilihnya Pekon Mataram sebagai lokasi kegiatan, kata dia, mengingat pekon ini merupakan pekon yang pertama kali dicanangkan sebagai Pekon Pancasila oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu, sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi pekon-pekon lainnya di Pringsewu.

Semangat kegotong-royongan dan toleransi seperti di Pekon Mataram ini, menurutnya perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen di Pringsewu untuk selalu menjaga dan menjadikan Keberagaman dan kemajemukan sebagai kekuatan untuk menjaga NKRI. (© ANTON HAPSARA)

PEMKAB & DPRD SUMEDANG STUDI BANDING ODF DI PRINGSEWU

PRINGSEWU – Keberhasilan Kabupaten Pringsewu di bidang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang menjadikan Pringsewu sebagai Kabupaten ODF 100%, telah menarik perhatian sejumlah daerah untuk belajar dari keberhasilan Kabupaten Pringsewu.

Sebanyak 19 peserta studi banding, terdiri dari 12 orang anggota DPRD Kabupaten Sumedang serta 7 orang dari dinas terkait Pemkab Sumedang, melakukan kunjungan studi banding ke Kabupaten Pringsewu.

Rombongan DPRD dan Pemkab Sumedang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Ade Rucita didampingi Ketua Komisi C DPRD Sumedang Dr.Iwan diterima oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. didampingi Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pringsewu Zunianto, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Pringsewu di ruang rapat Bupati Pringsewu di kantor sekretariat daerah setempat, Kamis (13/12).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Ade Rucita mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dan jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang telah menerima kedatangannya dengan baik.

Dikatakan Ade, tujuan kunjungannya ke Kabupaten Pringsewu adalah untuk menggali informasi tentang pelaksanaan program STBM di Kabupaten Pringsewu dalam rangka percepatan target universal akses bidang Sanitasi.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sumedang Dr.Iwan mengungkapkan di Kabupaten Sumedang, dari 207 desa yang ada, yang sudah ODF baru 156 desa.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam sambutannya mengatakan keberhasilan Pringsewu sebagai Kabupaten ODF merupakan hasil kerjasama yang sinergis diantara semua pihak yang ada di Kabupaten Pringsewu, baik DPRD dan muspida, serta instansi lainnya, mengingat masalah sanitasi ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata, tetapi juga menjadi tanggungjawab bersama semua pihak dari semua elemen masyarakat.

Wabup Pringsewu lebih lanjut menjelaskan guna mendukung suksesnya program ODF tersebut, Pemkab Pringsewu juga mengeluarkan regulasi tentang percepatan universal access, dengan sebuah strategi diantaranya dengan merubah pola pikir, yaitu dari program menjadi sebuah gerakan, sehingga Pemkab Pringsewu mengeluarkan kebijakan tentang Satuan Tugas Gerakan Bersama Rakyat Kabupaten Pringsewu ODF atau Gebrak ODF, dengan melibatkan banyak pihak, baik kepolisian, TNI, sejumlah OPD, ulama dan tokoh agama, serta unsur lainnya, dimana ia sendiri menjadi Ketua Satgas Gebrak ODF Kabupaten Pringsewu.

Peran ulama, tambah Wabup Fauzi, juga memegang peranan penting, terlebih sebagian besar masyarakat Kabupaten Pringsewu merupakan masyarakat yang religius, sehingga muncul istilah Jihad Sanitasi. (© ANTON HAPSARA)

PENGURUS  PWI  KAB. PRINGSEWU DILANTIK

PRINGSEWU – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu periode 2018-2021 dilantik oleh Plt. Ketua PWI Provinsi Lampung Mizwar di aula wisata Kolam Renang Paris, Pajaresuk, Pringsewu, Kamis (13/12).

Mereka yang dilantik yang merupakan hasil konferkab PWI Kabupaten Pringsewu beberapa waktu lalu, yakni Ketua Budi Karyadi, Sekretaris Agus Suwignyo, dan Bendahara Agus Tri Wahyudi.

Sedangkan di Seksi Organisasi, ada
Widodo dan Wahyu Giri Wiladatika. Seksi Pendidikan Nandang Suprianto dan Arif Hidayatullah. Seksi Kesejahteraan Bambang Sumantri dan Supriyanto, Seksi Pemuda dan Olahraga Subali, Seksi Hukum dan Politik Tutor Manalu dan Sapto Pratikno. Seterusnya di Seksi Pertanian Bardan Topan dan I Made Setiawan, Seksi Pemberdayaan Desa Jhoni Fahrudin dan Samsuri, Seksi Media Online Mulyono, serta Seksi Hubungan Antarlembaga Ariza Zuzanfri.

Ketua PWI Kabupaten Pringsewu Budi Karyadi dalam sambutannya mengatakan profesi wartawan dewasa ini sedang menghadapi persoalan-persoalan, dimana yang paling sering dikeluhkan adalah masalah profesionalitas wartawan.

Oleh karena itu, PWI Kabupaten Pringsewu akan melakukan berbagai pembenahan-pembenahan. Sehingganya, diperlukan jalinan kerjasama antara PWI dengan semua elemen, diantaranya dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, dalam rangka menciptakan kondusifitas dan percepatan pembangunan di Kabupaten Pringsewu.

Sementara itu, Plt Ketua PWI Provinsi Lampung Mizwar atas nama PWI Provinsi Lampung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu atas perhatian dan dukungannya selama ini kepada PWI Kabupaten Pringsewu.

Ketua PWI Provinsi Lampung juga menyatakan bahwa hingga saat ini, kepengurusan PWI Kabupaten Pringsewu merupakan yang terbaik di Provinsi Lampung.

Dikatakan Mizwar, anggota PWI di Provinsi Lampung saat ini ada sebanyak 1.000 orang wartawan. Sedangkan di PWI Kabupaten Pringsewu sendiri ada 34 orang anggota, dan 12 diantaranya adalah anggota biasa.

Sementara untuk wartawan berpredikat berkompeten di seluruh Lampung ada sebanyak 684 wartawan. Dan semuanya memiliki tanggungjawab untuk menangkal berbagai berita bohong (hoax).

Bupati Pringsewu H.Sujadi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus PWI Perwakilan Kabupaten periode 2018-2021, sekaligus berharap PWI tetap menjadi mitra baik Pemerintah Kabupaten Pringsewu dengan terus mengawal jalannya roda pemerintahan dan pembangunan, tetap bersikap kritis namun dengan tetap memberikan solusi yang terbaik, yang kesemuanya demi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat Kabupaten Pringsewu.

Bupati Pringsewu juga menjanjikan bahwa gedung kantor PWI Kabupaten Pringsewu tidak lama lagi akan dapat ditempati, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja serta profesionalitas wartawan khususnya yang tergabung di PWI Kabupaten Pringsewu.

Pada acara yang juga dihadiri baik jajaran pemerintah kabupaten, DPRD maupun muspida beserta tokoh masyarakat Bumi Jejama Secancanan, juga dilantik pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Pringsewu periode yang sama. (© Isnanto Hapsara).

PEMKAB PRINGSEWU GELAR UPACARA PERINGATAN HUT DWP, HARI IBU & HKSN

PRINGSEWU – Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-19, Hari lbu ke-90, dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-60 tingkat Kabupaten Pringsewu digelar sekaligus dalam satu upacara di lapangan perkantoran pemkab setempat, Kamis (13/12).

Upacara yang diikuti jajaran aparatur sipil negara dan jajaran anggota TP-PKK dan DWP serta sejumlah organisasi wanita serta insan organisasi sosial ini juga dihadiri Bupati Pringsewu H.Sujadi, Ketua TP-PKK Ny.Hj.Nurrohmah Sujadi, Sekkab Pringsewu Drs.A.Budiman P.M., M.M. dan Ketua DWP Kabupaten Pringsewu Ny.Hj.Nurhayati Budiman beserta para asisten dan staf ahli bupati juga kepala OPD di lingkungan Pemkab Pringsewu, jajaran DPRD serta muspida, juga organisasi wanita se Kabupaten Pringsewu.

Ketua Bhayangkari Ny. I Made Rasma yang bertindak sebagai pembina upacara saat membacakan amanat tertulis Bupati Pringsewu mengucapkan selamat ulang tahun ke-19 kepada Dharma Wanita Persatuan, serta meminta terus berperan aktif dalam memberdayakan dan meningkatkan kualitas SDM anggotanya sebagai pendamping suami sebagai seorang aparatur sipil negara.

Terkait peringatan Hari Ibu yang ke-90, hal ini dimaksudkan untuk lebih mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia akan makna Hari lbu sebagai hari kebangkitan dan perjuangan kaum perempuan di Indonesia.

Ia berharap melalui peringatan Hari Ibu, akan tercapai persamaan kedudukan, hak dan kewajiban serta kesempatan antara kaum lelaki dan perempuan.

Sementara itu kaitan dengan peringatan HKSN, Bupati Pringsewu H.Sujadi melalui Ketua Bhayangkari juga mengharapkan nilai-nilai yang terkandung dalam kesetiakawanan sosial dapat diterapkan pada kehidupan masyarakat, serta berharap rasa kesetiakawanan sosial tersebut dapat terus tumbuh di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Pringsewu.

Seusai upacara peringatan ketiga hari besar tersebut, juga digelar acara puncak peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-19 di ruang lobby utama kantor sekretariat Pemkab Pringsewu. (© Isnanto Hapsara)

 

MERAWAT KEBERAGAMAN DI BUMI JEJAMA SECANCANAN

PRINGSEWU – Dialog Kebangsaan digelar di Pringsewu. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) Pringsewu dalam rangka menyambut rapat kerja daerah organisasi tersebut, ini dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. di aula wisata Kolam Renang Paris, Pajaresuk, Kecamatan Pringsewu, Rabu (12/12).

Dialog bertema ‘Merawat Keberagaman di Bumi Jejama Secancanan’ ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Pringsewu Sg.Nainggolan, Kajari Pringsewu Asep Sontani Sunarya, S.H., C.N., Wakapolres Komisaris Pol. Andik Purnomo Sigit, Perwira Penghubung Pringsewu, Kepala Kemenag serta Ketua FKUB Pringsewu.

Para peserta dialog diantaranya berasal dari organisasi Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Barisan Ansor Serbaguna, Fatayat NU, FPI, Pemuda Katolik, Pemuda Kristen, Pemuda Hindu, Pemuda Pancasila, FKPPI, PP Al-Munir, serta Badan Eksekutif Mahasiswa se Kabupaten Pringsewu.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam sambutannya berharap dialog kebangsaan ini dapat menjadi sarana untuk menyamakan visi dan misi serta persepsi dalam membangun serta menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Keberagaman budaya, adat istiadat, bahasa dan agama yang ada di lndonesia, termasuk di Pringsewu, kata wabup, sejatinya dapat menjadi modal dan kekuatan besar dalam membangun negara berlandaskan semangat persatuan dan kesatuan serta wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (© LPPL Radio Rapemda Pringsewu 107,2 FM / Anton Hapsara)



Belanja di Bukalapak

Sampaikan Komentar Anda