rapemdapringsewu.com – Untuk perguruan tinggi negeri dan agama terbaik di Banten, ada sejumlah rekomendasi.

Sekolah terbaik untuk Anda adalah dari sekian banyak perguruan tinggi negeri dan sekolah menengah atas yang ada di Banten.

dimulai dari politeknik negeri, disusul perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi agama negeri di provinsi Banten.

Perguruan tinggi negeri di Banten tidak kalah dengan perguruan tinggi di tempat lain.

Pelajar yang baru lulus SMA, SMK, atau lembaga sejenis seringkali berakhir di kampus negeri di Banten.

Siswa dari berbagai daerah di Indonesia tertarik ke Banten untuk melanjutkan pendidikan karena berbagai alasan. Jika Anda ingin bersekolah di Banten, Anda punya banyak pilihan.

Di Banten, terdapat beragam perguruan tinggi swasta (PTS), universitas, institut, sekolah menengah atas, politeknik, dan akademi yang bisa Anda pilih jika ingin kuliah swasta. Universitas eksklusif ini memiliki beberapa manfaat yang sangat keren.

Simak pembahasan daftar universitas dan perguruan tinggi swasta lain di Banten berikut ini jika ingin informasi lebih lanjut.

1. Universitas Sultan Agen Tirtayasa (Untirta)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) merupakan perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak tahun 2001. Kampus ini mempunyai cita-cita “Mewujudkan Untirta sebagai Universitas Terpadu Cerdas dan Ramah Lingkungan (It’S Green) yang Unggul, Berkarakter, dan Berdaya Saing, di Kawasan ASEAN dengan 2030,” meskipun masih muda. Mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi sangat menghargai visi ini.

Kualitas pendidikan unggul ditawarkan di kampus Banten ini. Untirta terus meningkatkan standar kualitas pendidikannya. Fakultas Kedokteran yang akan debut pada tahun 2019 dan memiliki lima departemen ini merupakan salah satu produk pengembangan terkini. Jadi, kalau kamu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, kampus ini mungkin bisa jadi pilihan terbaik.

Fakultas yang ada di Universitas Sultan Agen Tirtayasa yakni, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas, Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Program PAscasarjana, Fakultas Kedokteran.

2. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan salah satu pilihan yang paling disukai oleh mahasiswa saat ini atau calon mahasiswa.

Jalan adalah tempat universitas berada. Lokasi Bintaro Utama 5 di Jurang Mangu Timur, Kota Tangsel, Provinsi Banten, dan tidak dipungut biaya pendidikan.

Di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, PKN STAN menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma Keuangan Negara.

Siswa tidak diharuskan membayar uang sekolah selama pendidikannya dan tidak ditempatkan di asrama. Alumni yang ingin dipekerjakan oleh departemen di lingkungan Kementerian Keuangan atau pemerintah pusat dan daerah harus lulus ujian seleksi CPNS setelah menerima ijazah.

Diploma I sampai Diploma IV merupakan jenjang yang tersedia.
Lulusan PKN STAN kemungkinan besar akan dipekerjakan oleh organisasi pemerintah dan swasta dan memiliki pilihan pekerjaan yang luas.

Salah satu sekolah yang sering dipilih siswa adalah Politeknik Keuangan Negara STAN.

Fakultas yang ada di Politeknik Keuangan Negara STAN yakni, Fakultas Manajemen Keuangan, Fakultas Pajak, Fakultas Akuntansi, Fakultas Kepabeanan dan Cukai.

3. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Di Serang, Banten, Indonesia, terdapat sebuah universitas negeri bernama Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten (UIN SMH Banten). Fakultas Syariat Islam Maulana Yusuf didirikan sebagai bagian dari Universitas Maulana Yusuf pada tahun 1961 atas bantuan masyarakat Banten dan Korem 064 Maulana Yusuf. Setelah melalui beberapa kali perubahan status dan nama, fakultas ini kemudian berkembang menjadi pendahulu UIN SMH Banten, dan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2017.

Dengan fokus pada komunitas global, UIN SMH Banten bercita-cita menjadi lembaga terdepan bagi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis Islam. Tujuh fakultas universitas ini—Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis—menawarkan berbagai program studi dalam rangka mewujudkan visi tersebut.

Universitas ini menawarkan berbagai pilihan fakultas selain memiliki fasilitas yang memadai seperti perpustakaan, laboratorium, masjid, asrama, poliklinik, lapangan olah raga, dan lain-lain.

Saat ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah memberikan akreditasi UIN SMH Banten pada level B. Hal ini menunjukkan tingginya kualitas pengajaran yang ditawarkan di universitas ini. Selain itu, UIN SMH Banten terus berupaya meningkatkan kinerja akademik dan ekstrakurikulernya melalui berbagai inisiatif penelitian, kerja sukarela, penjangkauan global, dan pengembangan sumber daya manusia.

4. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Departemen Perhubungan Republik Indonesia membawahi Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan (PTK) yang beroperasi di lingkungan Gempol Kemayoran Jakarta sejak tahun 1952.

Akademi Penerbangan Indonesia atau API merupakan nama asli Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Akademi Penerbangan Indonesia selanjutnya dipindahkan dari Jakarta ke Kecamatan Legok Tangerang pada tahun 1954. Akademi Penerbangan Indonesia kini lebih dikenal dengan nama kampus Curug berkat adanya perubahan lokasi tersebut.

Setelah terjadi perubahan nama Lembaga Perhubungan Udara (LPPU) dari Akademi Penerbangan Indonesia (LPPU) pada tahun 1969, Lembaga Perhubungan Udara kembali berganti nama, kali ini menjadi Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (PLP), pada tahun 1978.

Di Jalan Raya PLP Curug di Tangerang, Banten, Provinsi Banten, Anda bisa menemukan PPI Curug.

Sepuluh program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi penerbangan ini adalah aeronautika, teknik pesawat terbang, teknik navigasi penerbangan, teknik elektro bandara, studi lalu lintas udara, teknik mesin bandara, teknik sipil dan teknik pertanahan, studi pencahayaan penerbangan, studi pemulihan kecelakaan pesawat, dan studi operasi bandara.

5. Politeknik Pelayaran Banten

Politeknik Pelayaran Banten adalah universitas terkenal yang mengkhususkan diri pada bidang transportasi laut dan laut dan beroperasi di bawah arahan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Politeknik Pelayaran Banten terletak di Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten, dan menempati lahan seluas kurang lebih 18.000 m2.

Politeknik Perkapalan Banten menjadi pilihan terbaik untuk Anda hadiri jika Anda menyukai laut dan berlayar.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan terkait dengan Politeknik Pelayaran Banten.

Ada tiga program studi yang tersedia di Kampus Politeknik Perkapalan Banten di Sukadiri, Tangerang: ilmu kelautan, teknik kelautan, dan manajemen transportasi laut.

6. UIN Syarif Hidayatullah

Sepanjang tahun 2021, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menoreh berbagai prestasi, baik dalam skala nasional maupun internasional. Kampus ini menggapai peringkat ke-17 secara nasional dan peringkat pertama di lingkungan PTKIN hasil pemeringkatan versi QS Asian University Rankings (AUS) tahun 2021. Kemudian UIN Jakarta berhasil meraih status “The 2021 Most Sustainable Improved University in Indonesia” dalam perangkingan UI Green Metric World University Ranking 2021.

Bukan hanya penghargaan oleh kampus, berbagai prestasi juga banyak diraih oleh para mahasiswa UIN Jakarta. Sebagai contoh, pada bulan Oktober 2021 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta berhasil meraih juara pertama pada Sharia Capital Market Competition 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangkaraya. Selain itu, pada bulan Desember 2021 mahasiswi Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta berhasil meraih juara lomba presenter berita yang digelar UKM KIR, IAIN Bukittinggi.

Fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah yakni, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran, dan Sekolah Pascasarjana.

7. Universitas Bina Bangsa

Di bagian timur Kota Serang, Banten terdapat sebuah perguruan tinggi swasta bernama Universitas Bina Bangsa (UNIBA).  Di Jalan Raya Serang-Jakarta, KM. 03, No. 1B, Penancangan, Kec. Cipocok Jaya.

UNIBA secara resmi didirikan pada 2 Oktober 2017, menurut situs web organisasi tersebut. UNIBA sebelumnya dikenal sebagai National Development College of Economics sebelum menjadi universitas. Berdasarkan SK tersebut, namanya diubah secara resmi menjadi Universitas Bina Bangsa. Nomor 553/KPT/2017 tentang izin perubahan formulir, dikeluarkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

UNIBA telah mengudara tanpa akreditasi selama lebih dari 4 tahun. Terdapat dua belas jurusan di kampus ini, yang merupakan jurusan swasta dan memiliki program akademik yang banyak. Dengan jumlah mahasiswa yang diperkirakan mencapai 8.219 orang, maka terdapat kurang lebih 177 orang dosen profesional. Jadi, jika minat Anda tidak terarah di kampus ini, Anda tidak perlu khawatir.

Fakultas yang ada di Universitas Bina Bangsa yakni, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik.